SOP Pengajuan Judul Skripsi

  1. 1.            Tujuan

Melaksanakan prosedur pengajuan judul skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dengan proporsional.

  1. 2.            Dasar Hukum
    1. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional;
    2. UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen;
    3. UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
  1. 3.            Petunjuk Operasional
    1. Mahasiswa membawa 3 judul skripsi beserta bukti telah menyelesaikan 80% SKS  atau 110 SKS dan masuk ke sekertaris jurusan untuk diperiksa alat buktinya dan didiskusikan judul-judul yang dibawanya terutama permasalahan, teori dan lain-lain yang kemudian akan dipilih 1 oleh pimpinan prodi (kaprodi / sekertaris prodi).
    2. pimpinan prodi (kaprodi / sekertaris prodi) memerintahkan mahasiswa ke staf administrasi prodi untuk memeriksa judul skripsi mahasiswa tersebut di website / database agar tidak terjadi kesamaaan dengan skripsi sebelumnya.
    3. Judul yang sudah valid dan tidak ditemukan bukti kesamaan di website / database, maka mahasiswa tersebut kembali ke pimpinan prodi (kaprodi / sekertaris prodi) untuk langsung ditentukan dosen pembimbing.
    4. Mahasiswa yang sudah mendapatkan nama dosen pembimbing skripsi, langsung menghubungi dosen pembimbing tersebut untuk meminta kesediaan membimbing.
    5. Setelah mendapatkan kesediaan pembimbing maka Prodi membuat surat penugasan pembimbing ke Sub Bagian Akademik Fakultas.
    6. Mahasiswa membuat bab 1 untuk kemudian dibimbing oleh dosen pembimbing
  1. 5.            Indikator Kinerja

Terlaksananya prosedur pengajuan judul skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dengan proporsional sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga dapat menjamin kualitas pendidikan dan pengajaran.

 

Leave a Reply