SOP Kegiatan Praktikum

  1. 1.            Tujuan

Melaksanakan kegiatan praktikum bagi mahasiswa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dengan proporsional.

  1. 2.            Dasar Hukum
    1. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional;
    2. UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen;
    3. UU No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
  1. 3.            Petunjuk Operasional
    1. Mahasiswa bersama dosen pengampu mata kuliah bersama-sama menentukan tema (temasuk lokasi praktikum) yang akan menjadi isu dan bahasan dalam kegiatan praktikum.
    2. Mahasiswa bersama dengan dosen pengampu mata kuliah menentukan panitia kegiatan praktikum yang berasal dari mahasiswa yang bersangkutan
    3. Panitia kegiatan praktikum (mahasiswa) membuat proposal praktikum yang ditujukan kepada pimpinan prodi dan menentukan kelompok praktikum dari mahasiswa yang ikut dalam mata kuliah yang dipraktikumkan.
    4. Panitia kegiatan praktikum (mahasiswa) melakukan survey lapangan dan kunjungan awal kepada stakeholder terkait dalam hubungannya dengan kegiatan praktikum yang akan dilakukan.
    5. Mahasiswa melakukan kegiatan praktikum dibimbing dan didampingi oleh dosen mata kuliah atau dosen yang ditugaskan oleh pimpinan prodi.
    6. Mahasiswa membuat laporan individu
    7. Mahasiswa membuat laporan kelompok
    8. Mahasiswa di depan dosen pengampu mata kuliah melakukan presentasi kelompok.
    9. Mahasiswa membuat laporan akhir.
  1. 4.            Indikator Kinerja

Terlaksananya kegiatan praktikum bagi mahasiswa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dengan proporsional sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga dapat menjamin kualitas pendidikan dan pengajaran.

Leave a Reply