Layanan pada Mahasiswa

No.

Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa

Bentuk Kegiatan, Pelaksanaan, dan Hasilnya

1

Bimbingan dan konseling

Bimbingan dan konseling diselenggarakan dengan mengacu pada Buku Pedoman Perwalian yang diterbitkan oleh universitas.

  1. Perwalian, dilaksanakan secara rutin pada setiap awal semester, perkembangan studi mahasiswa dapat terpantau dan pengambilan jumlah SKS sesuai dengan IPK mahasiswa
  2. Bimbingan konseling dilakukan melalui Tim Pelaksana Bimbingan dan Konseling, baik yang bersifat akademis maupun non-akademis.

2

Minat dan bakat (ekstra kurikuler)

Untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, di tingkat fakultas tersedia 2 (dua) lembaga kemahasiswaan, yakni Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP dan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FISIP. Selain itu, juga tersedia Kelompok-kelompok Kegiatan Mahasiswa FISIP (KKM) yang dikelola berdasarkan kebutuhan mahasiswa melalui Badan Eksekutif Mahasiswa maupun dikelola berdasarkan kebutuhan fakultas dan terkait dengan unit kerja fakultas. KKM yang ada di FISIP meliputi: FIBBA (kegiatan basket), SOCIETY (kegiatan musik), PANTERA (kegiatan pencinta alam), FISA (kegiatan renang), Legion of Entrepreneur (kegiatan kewirausahaan), Persekutuan Mahasiswa Kristen (kegiatan pengembangan wawasan keilmuan berbasis nilai-nilai keagamaan Kristen Protestan), Protokoler FISIP Unpad (kegiatan manajemen acara formal maupun semiformal), dan Dewan Kemakmuran Mushola (kegiatan keagamaan Islam yang terkait dengan akademik).

Di tingkat Program Studi, terdapat lembaga kemahasiswaan dalam bentuk Himpunan Mahasiswa (Hima), yang merupakan wadah dan sarana pengembangan diri ke arah perluasan wawasan peningkatan kecendekiawanan serta integritas kepribadian untuk mencapai tujuan pendidikan, melalui kegiatan penalaran dan keilmuan, bakat, minat, dan kegemaran, kesejahteraan mahasiswa, dan kepedulian sosial.

Dalam kaitannya dengan layanan kepada mahasiswa, untuk pengembangan minat dan bakat, Program Studi memberikan dorongan kepada mahasiswa dalam menyalurkan bakan dan minatnya, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik melalui berbagai unit kegiatan dalam organisasi kemahasiswaan, termasuk juga melalui Himpunan Mahasiswa. Bentuk dorongan misalnya dengan memfasilitasi proses pembimbingan kepada mahasiswa untuk mengikuti kegiatan penulisan karya ilmiah. Pendampingan mahasiwa dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan juga merupakan salah satu manifestasi bentuk dukungan. 

Hasilnya:

  1. Kegiatan mahasiswa saling menunjang dengan kegiatan akademik (misal: kegiatan seminar, diskusi publik, Ospek)
  2. Mahasiswa mendapatkan prestasi (Misal: juara 2 Pimnas tingkat Nasional)
  3. Terjadi hubungan yang harmonis antara Mahasiswa dan dosen sehingga dapat mendukung proses belajar mangajar  (Misal: FOKERMAPPI)

3

Pembinaan soft skills       

  1. Menyelenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen  Mahasiswa (LKMM) yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali yang diintegrasikan dengan Program Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan.
  2. Memfasilitasi keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan ESQ.
  3. Memfasilitasi keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan Forum Kerjasama Mahasiswa Pemerintahan Indonesia (FOKERMAPPI) yang menjadi wadah komunikasi mahasiswa dari Program Studi Ilmu Pemerintahan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Wadah ini dapat menjadi media untuk pengembangan soft skill mahasiswa dalam kerjasama tim, komunikasi, dan pengembangan jejaring kerjasama.

4

Beasiswa

 

  1. Memberikan informasi dan rekomendasi kepada seluruh mahasiwa tentang bea siswa.
  2. Jurusan mengumumkan melalui papan pengumuman informasi bea siswa.
  3. Pada tahun 2008 mahasiswa yang memperoleh bea siswa sebanyak  100 orang, dengan rincian: penerima beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) (49 mahasiwa);  BBM (bantuan Belajar mahasiswa) (13 mahasiswa); Supersemar (4 mahasiswa); Darma Wanita (3 mahasiswa); Karya Salemba Empat (1 mahasiswa); Student Grant I-M Here (7 mahasiswa); Gudang Garam (1 mahasiswa); Sun Life Financial (1 mahasiswa); PPA Khusus (7 mahasiswa); Bank Indonesia (5 mahasiwa); BMU (1 mahasiswa); PPE (2 mahasiswa); Talent Scouting Indramayu (1 mahasiwa); Pemda Papua (5 mahasiwa).
  4. Pada tahun 2009 mahasiswa yang memperoleh bea siswa sebanyak  98 orang, dengan rincian:  PPA (31 mahasiwa); BBM (18 mahasiwa); Supersemar (3 mahasiswa); Darma Wanita (4 mahasiswa); Bank Indonesia (5 mahasiswa); Program Mandiri (4 mahasiswa); Karya Salemba 4(1 mahasiswa); Talent Scouting i-M Here (1 mahasiswa); Student Grant I-M Here (10 mahasiswa); Pemda Papua (3 mahasiswa), BBM tahap Kedua (2 mahasiswa); Pemda Jawa Barat (2 mahasiswa); PPA Khusus (6 mahasiswa); Karya Salemba 4 (Gempa) (2 mahasiswa); BKM (6 mahasiswa).
  5. Pada tahun 2009 mahasiswa yang memperoleh bea siswa sebanyak  121 orang, dengan rincian:  : Darma Wanita (6 mahasiswa); PPA (39 mahasiswa); BBM (31 mahasiswa); Super Semar (2 mahasiswa); Pemprov Jawa Barat (3 mahasiswa); Bidik Misi (12 mahasiswa); Prov Jambi (3 mahasiswa); BBM 2 (4 mahasiswa); BBM Khusus (15 mahasiswa); YKPP Pertamina (3 mahasiswa); bantuan Sauyunan (1 mahasiswa); Student Grant I-M Here (2 mahasiswa); Pemprov Jabar (3 mahasiswa)
  6.  Pada tahun 2010 mahasiswa yang memperoleh bea siswa sebanyak  96 orang, dengan rincian:  PPA (32 mahasiswa), BBM (44 mahasiswa), Super Semar (2 mahasiswa), Bidik Misi (12 mahasiswa), Darma Wanita (6 mahasiswa)

5

Kesehatan

 

Sebagai salah satu universitas besar di Indonesia, Unpad memiliki fasilitas kesehatan di kampus Bandung dan juga di kampus Jatinangor.  Unpad telah membangun unit pelayanan kesehatan yang bernama Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kesehatan Unpad, untuk memberikan pelayanan kesehatan untuk semua masyarakat kampus serta semua masyarakat di sekitar kampus. Sebagai salah satu sarana kesehatan pendidikan, berbagai kemudahan diberikan kepada mahasiswa Unpad seperti pemberian potongan harga yang diberikan, misalnya tarif pelayanan pemeriksaan/konsultansi dokter untuk masyarakat umum oleh dokter umum/dokter gigi sebesar Rp. 25.000,-, untuk pegawai/keluarga pegawai/pensiunan Unpad tarifnya sebesar Rp. 10.000,-, dan gratis untuk mahasiswa Unpad.

6

Lainnya

  1. Pelayanan akademik berupa pengajuan judul skripsi, pembimbingan proses skripsi, konsultasi topik praktikum dan  pendampingan praktikum.
  2. Pelayanan administrasi umum dan ketatausahaan untuk menunjang proses belajar mengajar  

 

Leave a Reply