Aktivitas Alumni

Lulusan program studi telah memiliki Himpunan Alumni bernama Ikatan Alumni Ilmu Pemerintahan (IKA IP), yang keanggotannya terdiri dari anggota biasa dan anggota kehormatan. Anggota biasa adalah semua sarjana lulusan ilmu Pemerintahan FISIP Unpad yang secara otomatis menjadi anggota, sedangkan anggota kehormatan adalah lulusan S2 dan S3, staf pengajar, serta guru besar Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad, serta tokoh yang telah memberikan kontribusi pada Ilmu Pemerintahan yang disetujui oleh anggota pada pertemuan pada saat pertanggungjawaban pengurus atau pada saat pertemuan alumni berikutnya.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan IKA IP, meliputi:

  1. Kegiatan-kegiatan penunjang akademik, antara lain dilakukan dalam bentuk:
    1. Pemberian sumbangan buku pada perpustakaan Program Studi.
    2. Pemberian sumbangan dana untuk pengembangan sarana dan prasarana Program Studi
    3. Pengembangan jejaring kerjasama, dalam bentuk seminar dan diskusi yang tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi, updating data alumni (data base alumni), dan pengembangan aktivitas pendidikan di Program Studi Ilmu Pemerintahan. Beberapa kegiatan kerjasama yang diselenggarakan dalam kaitan dengan pengembangan wawasan adalah:
  • Diskusi ”Media dan Politik” yang diselenggarakan atas kerjasama dengan TVOne dan Laboratorium Jurusan Ilmu Pemerintahan, difasilitasi oleh alumnus Ilmu Pemerintahan (Bpk. Nurjaman Mochtar) yang menjadi Wakil Direktur TVOne.  Diselenggarakan tanggal 10 Februari 2009, di Gedung D Lantai 2, FISIP Universitas Padjadjaran, Jatinangor.
  • Diskusi ”Sosialisasi UU Pelayanan Publik” yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan, difasilitasi oleh alumnus Ilmu Pemerintahan (Bpk. Imamuddin) yang menjadi Deputi Bidang Pelayanan Publik pada Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. Diselenggarakan tanggal 21 Desember 2009 di Gedung D Lantai 2, FISIP Universitas Padjadjaran, Jatinangor.
  • Diskusi ”Kelembagaan Negara di Indonesia, Antara harapan dan kenyataan dalam Mewujudkan Pemerintahan yang Efektif” (Marzuki Ali, Ketua DPR RI), 18 Februari 2010,  Gedung D Lantai 2, FISIP Universitas Padjadjaran, Jatinangor.
  • Kuliah Umum dan Studi Lapangan ke Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Provinsi Jawa Barat sebagai bagian dari kegiatan kuliah E-Government, difasilitasi oleh alumnus Ilmu Pemerintahan (Ibu Ika Mardiah) yang menjadi Kepala LPSE. Diselenggarakan tanggal 11 Juli 2008, kemudian dikembangkan dalam bentuk pelatihan pengadaan barang secara elektronik bagi mahasiswa peserta matakuliah e-Government, dilaksanakan tanggal 5, 7, 12, 14, 19, dan 21 Oktober 2011.
  • Kuliah Umum bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Dr. Yuddy Chrisnandi) dengan topik: "Reformasi Birokrasi: Revolusi Mental Birokrat untuk Menjadi Lebih Baik", dengan dimoderatori oleh Rektor Unpad (Dr. Ganjar Kurnia). Kegiatan ini difasilitasi oleh Ikatan Alumni Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad, Ika Mardiah, selaku Kepala LPSE. Diselenggarakan pada tanggal 22 Januari 2015 di Gedung Bale Sawala Rektorat Unpad Jatinangor.
  • Kuliah Umum bersama Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) (Dr. Muhammad Yusuf) dengan topik: "Peran PPATK dalam Mewujudkan Good Governance", dengan dimoderatori oleh Dr. Dr. Drs. Rahman Mulyawan, M.S. Kegiatan ini difasilitasi oleh Ikatan Alumni Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad, yang diselenggarakan pada 11 Maret 2015.
  • Kuliah Umum bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional RI (Dr. Ferry Mursyidan Baldan) dengan topik: "Kebijakan Agraria dan Penataan Ruang di Indonesia sekarang ini dan di masa yang akan datang", dengan dimoderatori oleh Guru Besar FISIP Unpad, Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs., MA. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 21 Mei 2015.
    1. Fasilitasi kegiatan-kegiatan pengembangan substansi kurikulum, misalnya melalui pelibatan IKA IP dalam penyusunan kurikulum mata kuliah yang salah satunya didasarkan pada kebutuhan stakeholders dengan mengacu pada berbagai informasi yang berasal dari alumni. Pelibatan ini dilakukan dengan mengundang perwakilan alumni dan IKA IP secara kelembagaan dalam setiap penyelenggaraan Lokakarya Evaluasi Kurikulum dalam rangka sharing informasi untuk menjembatani kebutuhan dunia kerja dengan pengembangan substansi kurikulum dan metode perkuliahan. Perwakilan alumni diminta untuk menjadi narasumber menyampaikan materi tentang kebutuhan dunia kerja dan relevansi kurikulum untuk kebutuhan dunia kerja.
  1. Kegiatan-kegiatan non akademik, antara lain dilakukan dalam bentuk:
    1. Pembentukan jejaring komunikasi berbasis internet, antara lain milis IKA IP (IA-IP-UNPAD@yahoogroups.com), facebook, dan twitter. Jejaring komunikasi ini digunakan untuk penyebarluasan informasi lowongan kerja, magang, dan beasiswa.
    2. Pertemuan periodik tahunan melalui acara Temu Alumni atau Buka Puasa Bersama yang merupakan kerjasama antara Hima Jurusan, IKA IP, dan Program Studi. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mempererat ikatan silaturahmi di kalangan alumni dan Jurusan.
    3. Pelibatan IKA IP dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru, antara lain dalam kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru.

Dari berbagai kegiatan tersebut output yang saat ini diperoleh adalah:

  1. Terjalinnya networking antara jurusan, alumni, stakeholder dan diantara alumni itu sendiri
  2. Adanya partisipasi alumni dalam pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
  3. Adanya partisipasi alumni dalam pengembangan sarana dan prasarana penunjang kegiatan akademik di Program Studi.

 

Leave a Reply