Kuliah Umum Bupati Indragiri Hulu Riau pada Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad

Pada hari Selasa, 17 Februari 2015, Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad menyelenggarakan kuliah umum dengan narasumber seorang Bupati dari Kabupaten Indragiri Hulu- Riau, H. Yopi Arianto, S.E., dengan topik kuliah umum “Menjemput Aspirasi untuk Mewujudkan Indragiri Hulu Sejahtera”. Kuliah umum ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad.

Dalam penjelasannya pada kuliah umum ini, Bupati Indragiri Hulu Riau ini menyampaikan berbagai pengalamannya selama ia memulai pemerintahannya serta target-target yang telah dicapai yang dapat dinilai sangat sukses. Dengan berbagai tantangan, terutama dalam tantangan geografis dimana wilayah pemerintahannya yang terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, dan rawa-rawa, yang tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi Pak Bupati untuk mempertahankan semangatnya tetap menjadi aspirasi masyarakatnya guna mencapai Indragiri Hulu sejahtera.

Bupati Indragiri Hulu Riau ini membahas tentang tiga tema utama dalam usahanya menjemput aspirasi, yaitu 1) Pelaksanaan Pembangunan, yaitu terdiri dari penyusunan kebijakan pembangunan, interaksi langsung, pengawasan; 2) Pelayanan Publik, yaitu terdiri dari kesehatan, pendidikan, pengurusan perizinan satu pintu, pelayanan administrasi kecamatan terpadu (PATEN); serta 3) Transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan, yaitu terdiri dari PPID, transparansi anggaran dan pendapatan, dan industri ekstraktif. Hasil dari tiga tema aspirasi itu adalah meningkatnya APBD Kabupaten Indragiri Hulu dari tahun ke tahun, meningkatnya pembangunan manusia yang berimbas pada menurunnya indeks angka kemiskinan.

Antusiasme mahasiswa dan dosen yang menghadiri kuliah umum ini jelas terlihat, dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan seputar pelaksanaan pemerintahan serta berbagai inovasi akan strategi yang dilakukan agar tidak ada yang merasa dirugikan atas keputusan yang dibuat. Bupati memberikan kesimpulan bahwa tidak ada cara yang lebih baik, selain memberikan segala sesuatunya dengan tulus dan tanpa pamrih, serta komunikasi dua arah yang membawa kesepakatan bersama atas terlaksananya program-program yang telah dibuat.

Kegiatan kuliah umum ini diakhiri pada pukul 16.00 WIB. Setelah sesi foto bersama, maka Bupati Indragiri Hulu Riau ini pun kembali melanjutkan kegiatan yang sudah dijadwalkan.

1

2

Leave a Reply